Perhatikan 7 Hal Ini Agar Tetap Aman Saat Memakai Softlens

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Tetap Aman Saat Memakai Softlens

posted in: Kesehatan | 0
Tips Memakai Softlens
Tips Memakai Softlens

Selain bentuknya yang kecil dan ringkas softlens juga lebih praktis namun tetap berfungsi layaknya kacamata untuk membantu penglihatan.

Tapi apa benar softlens ini benar benar lebih praktis dan lebih aman dari kacamata  ?

Softlens sebenarnya sangat aman, asalkan penggunaan dan perawatannya dilakukan dengan benar. Masalahnya sebenarnya bukan pada softlensnya sendiri tapi cenderung pada pemakainya.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan softlens sebaiknya perhatikan hal-hal penting berikut ini untuk tetap dapat menggunakan softlens dengan aman.

1.  Mengetahui Kondisi Mata

Jangan hanya karena ingin penampilan terlihat lebih cantik lantas mengabaikan hal yang paling penting yaitu kondisi mata anda.

Hal ini dilakukan karena memang tidak semua orang akan cocok menggunakan softlens. Dengan mengetahui kondisi mata anda, bisa menghindarkan dari bahaya seperti misalnya alergi, iritasi atau bahkan infeksi pada mata akibat bahan yang terkandung dalam softlensnya sendiri.

2. Utamakan Kualitas Softlens

Tidak dipungkiri sekarang ini banyak produk softlens yang dijual dengan harga miring. Akibatnya banyak yang sering salah pilih dan justru jadi efek bumerang.

Jangan asal terpikat dengan harga murah, sebaiknya perhatikan juga kualitas produknya. Anda bisa mencari testimoni ataau review produknya dari sumber terpercaya. Atau akan lebih baik jika meminta saran dari dokter.

3. Perhatikan Kebersihan

Poin ini sering banyak dilupakan. Nyatanya bahaya yang timbul karena softlens berawal dari sini. Biasanya karena terburu-buru sehingga kebersihan tangan sering terabaikan.

Sebaiknya selalu jaga kebersihan tangan sebelum memakai taupun melepas softlensnya. Pastikan juga memotong kuku sampai pendek untuk menghindari menggores atau merobek softlens.

Bersihkan juga softlens setelah pemakaian dengan cairan pembersih khusus yang biasanya disertakan. Jangan pernah membersihkan softlens dengan air biasa untuk menjaganya tetap steril.

4. Gunakan Seperlunya

Bijaklah dalam menggunakan softlens. Sebisa mungkin jangan gunakan lebih dari 8 jam karena bisa membuat mata tidak nyaman.

Terlalu lama menggunakan softlens juga dapat menghalangi oksigen yang masuk ke mata dan pada akhirnya memperbesar kemungkinan bakteri berkembang menyebabkan infeksi.

Selain itu, perhatikan juga tanggal kadaluwarsa lensa kontak, umumnya anda harus mengganti softlens baru antara 6-12 bulan pemakaian.

5. Jangan Dibawa Tidur dan Berenang

Tidur menggunakan softlens punya banyak resiko diantaranya meningkatkan resiko infeksi dan juga softlens robek.

Softlens yang digunakan seharian akan mengandung banyak bakteri atau virus sehingga ketika terbawa tidur kuman-kuman akan berpindah menginfeksi bola mata.

Selain itu yang paling buruk ialah saat softlensnya robek dan menempel pada bola mata, maka akan sulit untuk dilepaskan, sehingga tidak ada cara lain selain melalui operasi.

6. Bawa Perlengkapan Softlens Kemanapun

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, bila perlu bawa juga perlengkapan softlens anda saat bepergian.

Suatu saat ketika anda merasa tidak nyaman dengan softlens yang digunakan maka anda bisa mengatasinya dengan segera.

Jika anda tidak bisa melihat jelas tanpa softlens, akan lebih baik juga jika membawa kacamata untuk membantu penglihatan ketika melepas softlens.

7. Jauhi Tempat Berdebu

Pantangan utama saat memakai softlens ialah hindari tempat berdebu, karena kemungkinan akan menempel dipermukaan softlens. Debu bisa memicu iritasi mata , menjadikan mata merah, perih dan berair terus terusan.

Jika tidak memungkinkan menghindari tempat berdebu, akan lebih baik jika menggunakan perlindungan ekstra seperti kacamata, setelah itu anda bisa melepasklan softlens anda untuk dibersihkan kembali.

Resiko Memakai Softlens

Ulkus Kornea
Ulkus Kornea

Seperti yang dikatakan sebelumnya, yang memicu bahaya dari softlens ialah akibat ketidaktahuan dari pemakainya yang tidak memperhatikan cara menggunakannya dengan tepat.

Dr.H.Dwight Cavanagh seorang ahli mata dari Southwestern Medical Center, Amerika Serikat dalam sebuah studinya berjudul “Eye and Contact Lens” pada tahun 2003 mengatakan, pengguna lensa kontak akan lebih beresiko terkena ulkus kornea.

Ulkus kornea adalah penipisan selaput pelindung mata bagian luar sampai menimbulkan abrasi atau luka yang biasanya berbentuk seperti bercak-bercak putih pada mata.

Gejala dari ulkus kornea paling umum diantaranya :

  • Pembengkakan pada mata
  • Muncul bercak putih atau keabuan pada mata
  • Sakit atau perih pada mata
  • Air mata terus keluar
  • Penglihatan buram
  • Kotoran mata atau belekan
  • Lebih sensitif jika terkena cahaya
  • Mata seperti berpasir

Agar terhindar dari resiko ulkus kornea, maka pergunakanlah softlens sesuai petunjuk pemakaiannya dan perhatikan juga 7 poin penting sebelum memakai softlens di atas.

Ingat…! pentingkan keselamatan mata anda. Be a smart user mulai dari sekarang.

Leave a Reply