Skip to main content
penyebab buah zakar bengkak

Penyebab Buah Zakar Bengkak Sebelah Dan Cara Mengobatinya

Kalau sudah berbicara tentang buah zakar, pastinya merupakan organ paling penting pada pria karena memang fungsinya untuk memproduksi sperma.

Karena fungsinya yang penting itulah seharusnya dirawat dan dijaga dengan baik.

Pria juga harus tahu masalah yang umum dialami pada buah zakar termasuk pembengkakan pada buah zakar yang menyebabkan biji zakar terlihat besar sebelah.

Buah zakar bengkak merupakan gejala umum dari adanya cedera, peradangan ataupun infeksi. Hal lain yang bisa menyebabkannya tumor, kanker ataupun kista pada kantung zakar.

Lalu, apakah buah zakar bengkak sebelah itu berbahaya dan perlu di obati ?

Semuanya akan kita bahas dalam artikel ini.

Penyebab Buah Zakar Bengkak Sebelah

Buah zakar bengkak bisa terjadi pada siapa saja secara umum tanpa batasan usia.

Tergantung pada penyebabnya, bengkak bisa terjadi di salah satu maupun kedua buah testis. Gejalanya juga mungkin disertai dengan rasa nyeri, adanya benjolan dan juga demam.

Meski begitu, kebanyakan penyebab dari testis bengkak biasanya adalah hal ringan sehingga tidak perlu mendapat pengobatan khusus. Akan tetapi meski jarang, bengkak buah zakar juga bisa menjadi hal serius dan perlu penanganan darurat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum dari buah zakar bengkak :

  • Orkitis / Radang Testis

Yaitu peradangan yang seringkali diakibatkan oleh infeksi bakteri terutama yang berasal dari infeksi saluran kencing ataupun infeksi menular seksual. Orkitis juga seringkali disebabkan oleh virus Mumps atau gondongan biasanya pada anak-anak.

  • Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada kelenjar kecil di belakang masing-masing testis. Fungsi kelenjar ini adalah untuk mematangkan sel sperma sebelum ejakulasi. Infeksi bakteri, virus dan juga operasi bisa menjadi penyebabnya.

  • Hernia inguinal / turun berok

Terjadi ketika dinding perut melemah sehingga usus halus turun ke kantung zakar. Ciri khusus untuk mengetahui hernia yaitu hanya muncul pada saat tertentu saja seperti ketika duduk atau mengangkat benda berat.

  • Torsi Testis

Yaitu ketika tiba-tiba testis terputar secara tidak sengaja sehingga menimbulkan rasa sakit parah dan pembengkakan. Torsi testis adalah kondisi darurat dan harus segera diatasi karena beresiko merusak bahkan anda harus kehilangan salah satu testis anda.

  • Varikokel

Yaitu ketika pembuluh darah vena testis melebar dan darah menjadi stagnan, akan timbul seperti urat yang berbelok-belok pada sisi kantung zakar (biasanya sebelah kiri).

Varikokel ini mirip seperti varises di betis tapi tempatnya berbeda.

Baca juga : Varikokel Penyebab Kemandulan Pria

  • Kista Skortum

Kista ialah jaringan yang berisi cairan atau udara. Kista yang sering muncul di kantung zakat seperti spermatokel (gumpalan sperma)dan hidrokel (kista berisi cairan).

  • Kanker Testis

Kanker testis umumnya terjadi pada pria berusia 20- 35 tahun dan penyebabnya sering tidak diketahui secara pasti. Kanker testis juga sangat lambat perkembangannya sehingga jarang disadari.

Kanker testis jarang menimbulkan komplikasi atau menyebar dan bisa disembuhkan, tingkat keberhasilan pengobatan kanker testis sangat tinggi mencapai 98%.

Gejala Buah Zakar Bengkak

Gejala umumnya seperti :

  • Nyeri atau seperti ada tekanan di perut bawah
  • Susah kencing atau nyeri saat kencing
  • Keluar nanah dari ujung penis
  • Demam ringan
  • Sakit ketika ejakulasi
  • Buah zakar terasa berat atau tidak nyaman
  • Muncul benjolan di buah zakar

Selain gejala di atas, masih mungkin juga mengalami gejala tambahan, misalnya :

  • Ada bercak darah di urin dan di sperma
  • Bagian payudara pria mengeras atau bengkak
  • Selangkangan bengkak dan nyeri
  • Pelebaran pembuluh darah di skortum
  • Mual dan muntah

Pilihan untuk Pengobatan

Sejumlah kondisi dapat menyebabkan testis atau pembengkakan skrotum, ada yang serius dan memerlukan perawatan medis yang bervariasi sesuai dengan kondisi.

Testis bengkak mungkin akibat dari kanker testis, pembuluh darah skrotum membesar, peradangan testis, akumulasi cairan dan hernia.

Pengobatan mungkin akan melibatkan antibiotik, obat anti-inflamasi, operasi, kemoterapi atau radiasi, tergantung pada penyebab pembengkakan.

Kondisi darurat seperti torsi testis terjadi ketika testis terputar dalam skrotum dan menghentikan pasokan darah. Hal ini menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan di skrotum.

Tanpa perawatan medis yang tepat dan cepat, jaringan dalam skrotum mungkin bisa mati dalam hitungan jam. Pembedahan hampir selalu diperlukan untuk mengobati torsi testis.

Jika dokter melakukan operasi dalam waktu enam jam setelah gejala dimulai, biasanya testis pasien dapat diselamatkan. Lebih dari itu pengangkatan testis adalah jalan terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *