Ini Penyebab Kenapa Suka Bersin-Bersin Terus Tanpa Henti

Ini Penyebab Kenapa Suka Bersin-Bersin Terus Tanpa Henti

posted in: Kesehatan | 0

Bersin merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan iritan atau benda asing yang masuk ke hidung atau tenggorokan. Bersin ini juga biasanya hanya satu atau dua kali lalu kemudian berhenti.

Ini adalah reaksi refleks yang bahkan kita tidak bisa menghentikannya.

Pada kasus lainnya bersin juga bisa merupakan gejala dari penyakit seperti flu atau demam.

Tapi mengapa ada orang yang bersin-bersin terus tanpa henti meski tidak sedang sakit flu ?.

Inilah yang akan menjadi bahasan kita di artikel ini, tidak sedikit orang yang mengalami bersin-bersin tiba-tiba dan tidak bisa berhenti sama sekali.

Tentunya lama kelamaan akan sangat mengganggu dan harus dicari tahu penyebabnya agar bisa segera di atasi.

Apa sih Penyebab Bersin Terus – Terusan ?

Bersin sekali dua kali tidak akan mengganggu, tapi lain halnya jika bersin berulang-ulang bahkan tidak ada jeda sama sekali antara setiap bersin.

Bersin terus-terusan ini muncul ketika misalnya ketika menghirup sesuatu ataupun muncul pada saat tertentu saja  seperti saat pagi atau malam, setelah mandi dan ketika cuaca dingin.

Jika bersin-bersin muncul seperti yang disebutkan di atas, bisa dicurigai ini merupakan pertanda dari penyakit Rhinitis.

Apa itu Rhinitis ?

Rhinitis merupakan peradangan pada lapisan mukosa (lendir) di hidung yang salah satu gejalanya ialah bersin-bersin tanpa henti diikuti dengan keluarnya cairan bening dari hidung.

Yang membedakan Rhinitis dari sakit flu biasa adalah  jika kita sakit flu bersin akan lebih jarang dan lendir yang keluar dari hidung umumnya berwarna kuning kehijauan atau kecoklatan sebagai tanda adanya infeksi.

Tapi pada Rhinitis,

cairan lendir yang keluar akan berwarna bening seperti air biasa.

Rhinitis lebih bersifat kronis dan gejalanya cenderung menetap, sehingga bisa muncul lagi di waktu berikutnya dengan kondisi yang sama.

Rhinitis ini terbagi menjadi 2 jenis , yaitu Rhinitis Alergi dan Rhinitis Vasomotor. Keduanya dibedakan berdasarkan ada atau tidak adanya penyebab bersin-bersin tersebut.

1. Rhinitis Alergi

Rhinitis alergi berarti inflamasi atau peradangan pada mukosa hidung diakibatkan karena menghirup alergen (pemicu alergi) tertentu. Orang yang memiliki alergi biasanya juga mengalami rhinitis alergi.

Jenis alergen yang memicu rhinitis termasuk debu, serbuk sari bunga, bulu hewan dan penyebab alergi lainnya. Pada saat musim panas atau kering Rhinitis alergi akan sering terjadi karena debu maupun alergen mungkin saja terbawa oleh angin sehingga anda akan bersin-bersin tiba-tiba.

Kenapa terjadi reaksi alergi tersebut ?

Reaksi alergi diperkirakan sebagai kelainan pada sistem kekebalan yang terlalu sensitif terhadap zat tertentu.

Ketika salah satu alergen tidak sengaja terhirup, tubuh akan mengeluarkan Histamin yaitu senyawa kimia alami yang diproduksi tubuh untuk merespon alergen tersebut.

Dari respon Histamin inilah akan timbul gejala alergi pada Rhinitis seperti bersin-bersin terus, hidung tersumbat dan juga keluar cairan dari hidung.

Yang membedakan gejala Rhinitis alergi dari yang lainnya ialah biasanya juga muncul gejala lain seperti hidung, mata gatal dan berair terus disebut juga dengan Hay Fever.

2. Rhinitis Vasomotor

Rhinitis Vasomotor nama lainnya adalah Rhinitis non-alergi yang berarti penyebabnya adalah bukan karena reaksi alergi.

Rhinitis Vasomotor penyebabnya sering tidak diketahui secara pasti atau idiopatik, terkadang muncul begitu saja meski tidak memiliki riwayat alergi tertentu.

Rhinitis Vasomotor terjadi akibat dari pembuluh darah yang melebar di hidung, akibat pelebaran pembuluh ini menimbulkan gejala hidung tersumbat dan meler. Cairan bening juga mungkin keluar sama seperti gejala pada rhinitis alergi.

Hanya saja pada Rhinitis Vasomotor tidak atau jarang menimbulkan gatal pada hidung dan mata, karena Rhinitis Vasomotor bukan melibatkan reaksi sistem kekebalan tubuh.

Masih belum jelas apa yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah di hidung tersebut, namun dicurigai karena kerusakan pada saraf Vasomotor, yaitu saraf yang mengatur pelebaran atau penyempitan pembuluh darah hidung.

Selain itu, Rhinitis Vasomotor juga bisa dipicu beberapa faktor, diantaranya :

  • Iritasi lingkungan semisal karena polusi udara, asap rokok, parfum dan bahan kimia lain
  • Suhu udara, Rhinitis vasomotor sering muncul akibat udara dingin seperti pagi atau malam hari, ruangan ber- AC dan setelah kontak dengan air misalnya selesai mandi.
  • Makanan pedas dan minuman dingin, terkadang makanan pedas membuat hidung tersumbat dan berair
  • Efek samping pengobatan, beberapa obat bisa menyebabkan bersin dan hidung tersumbat

Apakah Rhinitis Bisa Diobati ?

Sampai saat ini tidak ada obat-obatan yang dapat menyembuhkan Rhinitis baik  karena alergi maupun non-alergi  sampai benar-benar sembuh.

Adapun obat-obatan yang diberikan dokter biasanya hanya untuk meredakan gejala bersifat sementara. Biasanya dokter akan meresepkan obat Anti-histamin untuk Rhinitis alergi atau obat semprot melalui hidung.

Kemungkinan setelah efek obatnya hilang gejala bisa muncul kembali suatu saat.

Cara yang paling tepat untuk menangani Rhinitis ialah dengan menghindari pemicunya. Namun akan sangat sulit jika tidak mengetahui apa pemicu yang membuat anda mengalami Rhinitis.

Konsultasikan dengan dokter untuk membantu mengidentifikasi penyebab Rhinitis yang anda alami untuk selanjutnya memutuskan pengobatan yang cocok untuk anda.

Bagaimana Pencegahan Terhadap Rhinitis ?

Pencegahan terhadap rhinitis alergi bisa dilakukan dengan menghindari kontak dengan alergen seperti debu, bulu atau serbuk sari bunga. Namun akan sangat sulit karena terkadang meski tempat disekitar terlihat bersih alergen bisa saja terbawa oleh angin.

Untuk menyiasatinya bisa dilakukan dengan menggunakan masker untuk menutupi area hidung setiap kali keluar rumah, anda juga harus memastikan rumah anda sering dibersihkan dan hindari peralatan rumah yang dapat menyimpan debu seperti misalnya karpet.

Sedangkan untuk menghindari rhinitis vasomotor, anda harus mengenali kapan biasanya anda bersin bersin. Jika anda bersin di cuaca tertentu misalnya ketika dingin, sebaiknya pergunakan pakaian yang hangat.

Begitupun bila bersin-bersin karena paparan polusi atau asap rokok sebaiknya juga dihindari.

Meski Rhinitis tidak bisa disembuhkan dengan permanen, tapi dengan penanganan dan pencegahan yang tepat, anda bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan gejalanya sama sekali.

Leave a Reply