Skip to main content
Makanan Untuk Menambah sperma

4 Jenis Makanan Untuk Menambah Sperma Pria

Satu dari banyak faktor yang mempengaruhi ketidaksuburan pria diantaranya ialah jumlah produksi sperma yang rendah setiap kali ejakulasi. Sperma dikatakan rendah jika terdapat kurang dari 15 juta sel per mililiternya.

Ada berbagai penyebab kenapa produksi sel sperma pria menurun, misalnya saja berasal dari pola makan dan juga jenis makanan yang dikonsumsi tidak memiliki gizi seimbang.

Nyatanya kebutuhan gizi yang tidak tercukupi berdampak pada sperma yang menurun, bukan dari jumlahnya saja yang menurun tapi kualitasnya juga seringkali ikut memburuk.

Namun, dengan berbagai usaha tentunya masalah ini bisa diatasi dan seiring waktu. Salah satunya ialah dengan menambah asupan makanan yang dapat memperbanyak jumlah sperma.

Dengan konsumsi jenis makanan tertentu selama kurang lebih 3 bulan saja produksi sperma anda bisa menglami perbaikan.

Kenapa harus dalam waktu 3 bulan ?

Perlu diketahui, sperma yang anda keluarkan hari ini waktu pembentukannya dimulai sejak 3 bulan ke belakang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan gizi anda semenjak awal pembentukan sel sperma tadi.

Faktanya dari berbagai penelitian menemukan, pria yang tidak tercukupi gizinya setiap hari cenderung memiliki resiko lebih besar kerusakan sperma. Yang artinya keberhasilan untuk membuahi sel telur juga sangat rendah.

Apa saja jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk menambah sperma Anda ?

Bersumber dari situs kesehatan Alodokter.com dan juga dailymail.co.uk, Berikut ini Admin sudah merangkum 4 jenis makanan yang bermanfaat untuk menambah sperma pria.

Ini dia…

1. Makanan Mengandung Antioksidan Tinggi

Makanan Sumber Antioksidan
Makanan Sumber Antioksidan

Antioksidan dalam makanan nyatanya bisa mempengaruhi kualitas dan juga kuantitas sperma seorang pria.

Pada sebuah studi dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi makanan kaya antioksidan cenderung memiliki jumlah dan juga pergerakan sperma yang lebih baik daripada mereka yang tidak mengkonsumsi.

Antioksidan adalah senjata paling efektif untuk menangkal efek radikal bebas yang selain merusak sel-sel tubuh juga sering dikaitkan dengan ketidaksuburan seorang pria.

Sumber antioksidan yang tinggi bisa anda dapatkan pada makanan seperti, wortel, anggur, buah beri termasuk stroberi, bluberi, raspberi. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, asparagus dan juga biji-bijian utuh.

2. Makanan Tinggi Asam Folat

Makanan Sumber Folat
Makanan Sumber Folat

Asam folat adalah namA lain dari vitamin B9. Asam folat berguna untuk memperkecil resiko kerusakan pada DNA sperma.

Seperti yang ditemukan dalam sebuah penelitian bahwa, pria yang memenuhi asupan asam folat  700 mcg perharinya akan menurunkan 20-30% resiko kerusakan sperma.

Asam folat membantu tubuh memproduksi dan merawat sel-sel yang baru, dan ini sangat dibutuhkan terutama ketika pembelahan sel. Tanpa asam folat tubuh tidak dapat memproduksi DNA yang mana penting saat proses memperoleh keturunan.

Anda dapat menemukan nutrisi penting pembangun sperma ini dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau (bayam dan kangkung), sebagian besar buah (termasuk alpukat), kacang-kacangan, bit, buncis, sereal dan roti.

Selain baik untuk memproduksi sperma yang berkualitas, calon ibu juga penting memenuhi asupan Asam folat dalam makanannya untuk menurunkan resiko cacat pada bayi dalam kandungan.

3. Makanan Kaya Akan Zinc

Makanan Sumber Zinc
Makanan Sumber Zinc

Yang tak kalah penting untuk menambah jumlah sperma adalah makanan kaya kandungan mineral khususnya Zinc. Zinc memegang peran penting dalam pembentukan sperma baik dari kualitas maupun jumlahnya.

Sebuah 2009 studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences  menemukan bahwa konsentrasi seng (Zinc) dalam testis meningkat selama spermatogenesis.

Studi ini juga menemukan bahwa kekurangan zinc mengurangi motilitas (keceptan berenang) sperma. Studi ini menyimpulkan bahwa seng adalah mineral penting dalam pengembangan sperma dan regulasi motilitas sperma.

Namun, sejauh mana peran seng dalam spermatogenesis tidak sepenuhnya dipahami.

Zinc bisa anda temukan pada makanan seperti tiram, kalkun, daging sapi, lobster dan juga kerang.

4. Makanan Mengandung Selenium

Makanan Sumber Selenium
Makanan Sumber Selenium

Baik seng dan selenium telah terbukti mengurangi stres oksidatif dalam pembentukan sperma, dengan demikian selenium baik juga untuk meningkatkan kualitas sperma.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 “Nutrition Research” menunjukkan bahwa kadar zinc dan selenium yang rendah dalam air mani berkorelasi dengan jumlah sperma yang lebih sedikit dan peningkatan morfologi sperma yang abnormal baik ukuran, bentuk, panjang ekor dan karakteristik lainnya.

Demikian juga, edisi Januari 2011 dari “International Journal of General Medicine” melaporkan, selenium dalam dosis harian 200 mcg dapat memperbaiki morfologi sperma dan motilitasnya serta meningkatkan angka kehamilan spontan di antara pasangan pria infertil.

Sumber makanan yang mengandung selenium diantaranya, tiram, ikan sarden, tuna, daging sapi, hati sapi,nasi merah dan telur. Sejumlah Selenium memang diperlukan untuk tubuh, tapi dosis tinggi sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan keracunan.

Penyebab Kerusakan Sperma  yang Harus Dihindari

Selama dalam masa perbaikan terhadap produksi sperma anda, ada baiknya juga menghindari beberapa hal yang dapat membuat sperma menurun.

Tentunya akan sia-sia saja ketika anda melakukan pengobatan tapi tetap melakukan hal-hal yang beresiko merusak sel-sel sperma anda.

Berikut adalah hal-hal yang sebisa mungkin harus dihindari :

  • Kebiasaan merokok
  • Kurang istirahat dan stress tinggi
  • Konsumsi alkohol
  • Kelebihan berat badan
  • Memakai celana terlalu ketat
  • Makanan yang berbahan kimia berbahaya
  • Sauna atau berendam di air panas terlalu sering
  • Terpaparlogam berat
  • Konsumsi obat-obatan steroid

Baca juga : Varikokel Penyebab Pria Tidak Subur

Memiliki sperma yang kuantitas dan kualitas baik merupakan keinginan setiap pria. Jika anda mengalami masalah dengan sperma anda, memperbaiki gizi makanan dan juga menghidari semua pemicu kerusakan sperma seperti yang di bicarakan di atas bisa menjadi pilihan yang patut anda coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *